6 Penyebab Kolesterol Pada Usia Muda, Wajib Diketahui!

6 Penyebab Kolesterol Pada Usia Muda, berita hari ini, berita terkini, berita terbaru, info berita, info terbaru, info terkini, info hari ini, berita, info, terbaru, terkini, terupdate, tepercaya, liputan, warta, media, Politik, kriminal, olahraga, Indonesia, Nasional, Internasional, siaran langsung, ramadhan, ramadan, puasa ramadhan, wisata, bisnis, properti, teknologi, finance, otomotif, kuliner, gaya hidup, lifestyle, hukum, tutorial, pendidikan, game, hiburan, aplikasi, gadget, food, travel, destinasi, destination, advertorial, kesehatan, property, liputan khusus di Indonesia, berita unik, kecelakaan, www.kotabanjarmasin.com, kotabanjarmasin.com, banjarmasin, Kalimantan Selatan

KotaBanjarmasin.com – Belakangan banyak berita kesehatan yang tidak menyenangkan tentang usia muda. Salah satunya adalah menderita kolesterol pada usia muda. Kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah berhubungan dengan pola hidup yang kian buruk? Agar tidak menjadi pasien berikutnya, mari simak apa saja hubungan kolesterol dengan gaya hidup berikut ini.

1. Kolesterol Pada Usia Muda Malas Bergerak

Malas bergerak atau sedentary lifestyle sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Gaya hidup ini memang sudah menjadi darah daging di masa ini. Banyak yang bekerja namun hanya rebahan, duduk dan tidak bergerak sama sekali.

Hal ini juga terjadi pada anak-anak muda yang mungkin hanya sekolah, belajar dan tidak berolahraga. Sedangkan dirumah hanya makan, tidur dan bermalas-malasan. Hal ini menyebabkan tubuh tidak mengaktifkan hormon yang bisa mengangkut kolesterol di dalam darah menuju hati.

Padahal jika kadar di dalam darah terlalu tinggi maka harus segera diproses di hati dan nantinya masuk ke kantong empedu. Dari sana akan menuju saluran pembuangan tubuh. Sehingga tubuh bebas bahaya dan racun.

2. Berhubungan Dengan Genetik

Sayangnya penyakit ini juga merupakan penyakit turunan dari anggota keluarga. Jika salah satu ibu atau ayah dan kakek nenek memiliki masalah serupa. Maka anak-anak dari keluarga ini juga memiliki kemungkinan terkena penyakit tersebut.

Miris memang, namun penyakit genetik juga berhubungan dengan pola hidup dalam keluarga. Sama halnya dengan penyakit gula atau Diabetes. Karena mereka sekeluarga gemar mengkonsumsi makanan manis, bukan?

3. Kolesterol Pada Usia Muda Akibat Konsumsi Junk Food Berlebihan

Makanan olahan atau junk food ini memang terasa nikmat di lidah. Sayangnya bukan makanan yang baik untuk kamu konsumsi dalam jangka waktu lama apalagi untuk makanan sehari-hari. Makanan kemasan, olahan yang sudah melalui berbagai jenis pengolahan juga menjadi racun bagi tubuh.

Makanan seperti sosis, kornet, bakso, mie instan dan makanan kaleng lainnya sebaiknya dihindari. Jika ingin memakannya maka jangan terlalu sering agar tubuh tetap sehat. Begitu juga menu junk food di restoran cepat saji, jangan berlebihan!

4. Gemar Makan Daging Merah

Siapa disini yang biasanya akan langsung sakit pundak, sendi dan leher ketika Idul Adha datang? Sebab ada banyak olahan daging yang biasanya kita konsumsi, kan? Memakan daging merah dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat drastis.

Daging merah memiliki kadar minyak tinggi sama halnya dengan makanan junk food. Begitu juga dengan kadar lemak jenuh yang tidak bisa dipecah dengan baik oleh tubuh. Jadi, usahakan batasi konsumsi daging merah apalagi masih usia muda, ya!

5. Kolesterol Pada Usia Muda Terkait Obesitas

Ternyata, obesitas atau kegemukan juga menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kadar kolesterol naik. Kegemukan ini rentan menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk gangguan kardiovaskular, kolesterol dan asam urat.

6. Minum Kopi Berlebihan

Bagi kamu yang gemar minum kopi juga sebaiknya berhati-hati. Selain bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare dan maag, kopi yang terlalu banyak juga pemicu kolesterol. Apalagi jika meminum sekitar 4 gelas perhari.

Hal ini juga terkait minyak yang ada di dalam kopi. Penelitian menyatakan jika kopi bisa menghambat kerja empedu memecah kolesterol. Apalagi jika kamu termasuk pecinta kopi yang jarang bergerak. Maka ini bisa berbahaya bagi tubuh.

Demikianlah beberapa penyebab dan keterkaitan antara pola hidup dengan kolesterol pada usia muda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Hi! I am an internet marketer, specialist in Google Ads, Meta Ads, Web Developer & SEO (Search Engine Optimization). How about you?
adbanner