Penyakit Berbahaya! Ternyata Ini Cara Pencegahan Meningitis

Ternyata Ini Cara Pencegahan Meningitis, berita hari ini, berita terkini, berita terbaru, info berita, info terbaru, info terkini, info hari ini, berita, info, terbaru, terkini, terupdate, tepercaya, liputan, warta, media, Politik, kriminal, olahraga, Indonesia, Nasional, Internasional, siaran langsung, ramadhan, ramadan, puasa ramadhan, wisata, bisnis, properti, teknologi, finance, otomotif, kuliner, gaya hidup, lifestyle, hukum, tutorial, pendidikan, game, hiburan, aplikasi, gadget, food, travel, destinasi, destination, advertorial, kesehatan, property, liputan khusus di Indonesia, berita unik, kecelakaan, www.kotabanjarmasin.com, kotabanjarmasin.com, banjarmasin, Kalimantan Selatan

KotaBanjarmasin.com – Beberapa waktu belakangan pasti sudah banyak yang mengetahui tentang meningitis. Selain berbahaya, penyakit yang satu ini juga kerap terlupakan karena gejalanya yang minim. Lantas, apakah ada pencegahan meningitis yang efektif untuk kita coba?

Sebenarnya berbicara pencegahan untuk penyakit ini tetap ada. Hanya saja edukasi masyarakat tentang masalah kesehatan berbahaya yang satu ini masih tergolong kurang. Untuk itu, mari kita bahas apa saja pencegahan yang bisa kamu lakukan seperti:

1. Pencegahan Meningitis Dengan Vaksinasi

Sampai sekarang, masalah meningitis masih jarang terdeteksi. Bahkan orang yang terlihat baik-baik sekalipun bisa mengalami atau mendapatkan resiko tinggi terkena masalah ini. Jadi, sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksin agar bisa terhindar dari masalah serius tersebut.

Menurut penelitian kesehatan dunia, anak-anak yang sudah berumur minimal 11 tahun sebaiknya mendapatkan vaksin meningitis ini. Juga dianjurkan mendapatkan vaksin lanjutan (tambahan) saat berusia 16 hingga 18 tahun. Selain vaksin meningitis, ada beberapa vaksin yang sebaiknya kamu dapatkan seperti:

  • HIB : Agar terhindar dari masalah Haemophilus Influenza tipe B.
  • MMR : Supaya terhindar dari patogen penyebab meningitis seperti Rubella dan Campak.
  • Meningitis Tipe B : Supaya bisa menghindari serangan dari bakteri Meningococcal Tipe B.
  • Pneumococcal : Vaksin ini akan melindungi kita dari serangan bakteri Pneumococcal.
  • MenC : Agar tubuh bisa terproteksi dari serangan Meningococcal Tipe C.

Beberapa vaksin diatas perlu kita dapatkan agar bisa sepenuhnya terhindar dari patogen penyebab penyakit ini. Sebab, satu vaksin dan vaksin lainnya berhubungan dan perlu kita dapatkan.

2. Pencegahan Meningitis Dengan Perbaiki Lifestyle

Kemudian bisa juga dengan memperbaiki pola hidup sehari-hari. Jangan sampai terlalu kotor. Usahakan untuk selalu mencuci tangan hingga bersih. Apalagi jika kamu ingin mengkonsumsi sesuatu.

Saat ini, banyak sekali bakteri dan virus kuat yang sudah bermutasi dan bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh. Sehingga jangan sampai tidak menerapkan standar kesehatan yang tinggi. Usahakan memakan makanan yang bergizi. Agar apa? Agar nantinya kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.

Imunitas yang terjaga dengan baik bisa membantu tubuh untuk tetap kuat menghadapi masalah. Terutama dalam berusaha melawan sumber penyakit. Usahakan tidak membagi peralatan pribadi dengan orang lain. Sebab virus ini bisa menular melalui sentuhan fisik dan diroket atau air liur.

3. Pencegahan Meningitis Dengan Menjaga Jarak Dengan Pasien

Jika ada teman, kerabat atau bahkan keluarga yang mengalami masalah ini, maka usahakan jaga jarak. Walaupun ini terlihat sangat tidak manusiawi. Namun, jika seseorang sudah positif terkena Meningitis, maka bisa dengan mudah menularkan ke orang lain yang sehat.

Seperti yang kita ketahui bakteri penyebab masalah ini bisa ditularkan melalui saluran pernafasan dan air liur. Sehingga ada kemungkinan kamu akan terinfeksi jika terlalu dekat menjaga pasien sakit. Apalagi ketika mereka batuk dan bersin. Sebaiknya cuci tangan dengan bersih jika terkena air liur dan sentuhan fisik dengan penderita.

4. Hindari Berkunjung Ke Kawasan Yang Banyak Terdampak

Sebaiknya hindari mengunjungi kawasan atau negara yang sedang mengalami kenaikan masalah ini. Jika kamu ingin berkelana atau berwisata ke suatu tempat coba cari tahu terlebih dahulu. Jika kasus meningitis sedang naik maka usahakan jangan berkunjung.

Berikut beberapa tips dan cara pencegahan Meningitis yang bisa kamu lakukan. Ingatlah jika pencegahan lebih baik daripada mengobati. Sebab penyebab penyakit ini seringkali kita lewatkan. Dan jika terdampak bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Hi! I am an internet marketer, specialist in Google Ads, Meta Ads, Web Developer & SEO (Search Engine Optimization). How about you?
adbanner